BUDI DAYA SAYURAN DAUN BAWANG MENGGUNAKAN PUPUK KANDANG



Petani Update - Daun Bawang atau Bawang Daun banyak digunakan dalam campuran bahan memasak ,biasanya dalam membuat sup atau untuk penambah rasa pada Mie rebus maupun Mie Goreng, Bahkan untuk membuat isi dari martabak telur dan campuran untuk membuat Telur Dadar juga campuran Bakwan Goreng.
Daun bawang banyak ditanam petani didaerah lereng pegunungan, karena daun bawang sangat cocok ditanam disuhu dingin tapi daun bawang juga bisa ditanam di daerah yang tak terlalu dingin yang terpenting asupan air sangat cukup.
Dalam penanamana daun bawang ada dua cara yaitu:
  • Menggunakan Bibit Biji
  • Menggunakan stek atau anakan yang diambil dari rumpunnya.

Untuk cara pertama atau menggunakan Bibit dari biji anda bisa memperolehnya ditoko pertanian yang menyediakan Bibit Biji, Harganya kisaran 40 hingga 40 Ribu persaset isinya sekitar Satu sendok makan ,
Sebelum bibit disebar sebaiknya persiapkan media untuk persemaiannya.
Kami sarankan agar bibit yang sebelum disebar agar direndam dulu dengan Obat Anti Jamur agar bibit terbebas dari serangan jamur saat besar nanti.
Cara Pengolahan Media Persemaian :

Sesuaikan kebutuhan lahan yang akan ditanam dengan persiapan bibitnya.
Untuk media tanam cukup menggunakan media tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kandang , ukuran luasnya cukup 1 meter lebarnya dan panjang menyesuaikan kebutuhan, Tinggi Guludan diusahakan 25 - 30 Cm , agar jika musim hujan tidak banyak genangan air. 
Ratakan tanah diatasnya lalu sebarkan bibit dengan rata kemudian di tutup lag dengan tanah tipis tipis kurang lebih 1Cm kedalamannya, kemudian media ditutup dengan karung goni atau dengan jerami kemudian kita bisa pagi sore menyirami diatasnya, penyiraman harus hati hati agar bibit tak hanyut,sekitar beberapa hari bibit jika sudah muncul maka penutup goni atau jerami bisa disingkirkan agar tak menghambat perkembangannya, untuk tetap menjaga kesuburan usahan selalu rajin mencabut rumput2 yang ada disekitar bibit karena dapat mengganggu sistem tumbuh dan nutrisi yang akan diserap terganggu serta mengurangi penyakit yang ada seperti jamur dan lain lain.
Jika bibit sudah cukup tinggi sekitar 15 - 17 Cm bisa dipindahkan kembali ke Media tanam yang lebih besar agar pertumbuhannya jauh lebih cepat besar. biasanya lama pembibitan sampai pemijahan membutuhkan waktu 40 hari agar bibit bisa dikatakan siap tanam.

Cara kedua lewat stek atau pemisahan dari rumpun daun bawang :
Cara kedua ini lebih simpel karena tak harus lama menunggu bibit besar karena hanya tinggal memisahkan dari rumpunnya kemudian ditanam satu persatu ke Media Tanam dengan jarak15 sampai 25 Cm setiap batangnya , serta tinggi guludan sekitar 30 hingga 40Cm dan panjang menyesuaikan Lahan yang ada.
Persiapan lahan untuk media tanamnya buat lebar guludan 1 meter dan panjang sesuai luas lahan.
Tanah sebelum diolah di campur pupuk kandang dan kapur dolomit setelah itu tanah di biarkan selama 15hari agar pupuk dan zat zat tanah sempurna pencampurannya setelah itu baru kita buat lubang lubang dengan jarak 15 hingga 20 Cm setiap jaraknya, lalu kita masuk kan bibit tersebut dengan kedalaman 10-15Cm kemudian permukaan ditekan agar bibit tak roboh .
BUDI DAYA SAYURAN DAUN BAWANG MENGGUNAKAN PUPUK KANDANG BUDI DAYA SAYURAN DAUN BAWANG MENGGUNAKAN PUPUK KANDANG Reviewed by Faizeta on 17:51 Rating: 5

No comments:

Hosting Unlimited Indonesia
Powered by Blogger.